Sabtu, 23 Januari 2016

Jenis Usaha Rumahan Dan Tips Sukses Serta Cara Memulai

Usaha Rumahan - Pengangguran memang tidak nikmat. Pengangguran yang enak adalah pengangguran yang memiliki kegiatan dan memiliki penghasilan. Banyak orang yang ingin memulai usaha namun bingung karena tidak ada modal. Banyak juga yang bertanya mengenai usaha tanpa modal atau usaha dengan modal kecil.

Usaha rumahan kini sudahmenjadi tren. Usaha rumahan juga mampu mendorong meningkatkan kondisi masyarakat indonesia. Saat ini usaha rumahan juga bisa memiliki omset yang tak kalah lumayan. Lumayan lah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga untuk tabungan. Usaha rumahan sekarang juga bisa menjangkau pasar yang luas. Dengan adanya koneksi internet. Kita bisa memasarkan produk kita secara global dan menyeluruh. Bukan hanya antar kecamatan saja, se Indonesia bisa mengetahui produk kita. Tentu ini membutuhkan teknik lebih.

Jenis Usaha Rumahan Dan Tips Sukses Serta Cara Memulai

Dalam membangun sebuah usaha, modal bukanlah faktor yang terpenting. Yang terpenting yaitu kemauan untuk maju dan kemauan untuk berusaha. Selain itu, dibutuhkan juga otak untuk berpikir. Walau modal kecil asal kita bisa memutarnya. Maka itu bukan sebuah masalah.

Sebuah usaha juga membutuhkan promosi. Namun selain promosi yang terpenting aadalah kualitas dari prosuk yang kita pasarkan. Namun tenang, dengan hadir internet, kita bisa memangkas biaya promosi.

Jenis Usaha Rumahan

Kali ini kita akan membahas beberapa peluang usaha. Sebuah peluang usaha dengan modal kecil dan pas-pasan. Berikut adalah ulasannya.

Peluang usaha offline. Pilihan peluang usaha ini yaitu bagi Anda yang mau bekerja dirumah sambil mengawasi si kecil buah hati Anda. Namun perlu diingat, kita membuka usaha juga memperhatikan permintaan dan peluang pasar masyarakat sekitar. Berikut adalah peluang usaha offline.

1. Membuka usaha bimbingan belajar
Saat ini orang tua banyak yang khawatir dengan prestasi akademik anak-anaknya. Ujian Nasional juga menjadi momok yang menakutkan. Mereka takut anak-anak mereka tidak bisa lulus dengan nilai yang bagus. Karena mereka sibuk dengan pekerjaan atau mereka juga tidak bisa menj=gajar anaknya sendiri, maka layanan bimbingan belajar sangat diperlukan. Nah, kebetulan bagi Anda yang cerdas dan pinter buat ngajar anak-anak yang mau UN.

2. Membuka usaha potong rambut
Setiap orang pasti akan melakukan potong rambut. Bukan hanya karna rambut mereka sudah panjang tapi juga karena untuk gaya atau style. Untuk memulai usaha ini kita membutuhkan modal sekitar 1 jutaan. Biasanya harga potong rambut di tukang cukur yaitu sekitar 10 ribuan. Lumayan kan?


3. Membuka usaha jasa penitipan anak
Biasanya daerah yang padat oleh orang-orang yang bekerja sebagai karyawaan akan membutuhkan jasa penitipan anak. Disamping mereka tidak dapat mengasuh anakanya, mereka juga sudah sibuk dengan pekerjaan. Dan orang tua juga pasti mau membayar mahal. Nah ini cocok bagi Anda yang senang dengan anak kecil. Biasanya jasa ini akan terkena dan tersebar dar mulut ke mulut.


4. Membuka usaha kuliner atau makanan

Makan, makan adalah urusan dari kita lahir sampai nanti ketikan mati. Jadi jika kita membuka usaha kuliner pasti tidak akan pernah mati. Namun perlu diingat, dalam urusan kuliner yang perlu dijunjung tinggi yaitu faktor rasa makanan yang enak dan sehat. Ada beberapa peluang usaha kuliner. Pertama yaitu membuat usaha warung makan. Jika Anda memiliki kemampuan dalam memasak makanan yang enak, ini cocok untuk Anda. Apalagi lingkungannya mendukung, seperti lingkungan kos mahasiswa atau karyawan. Mereka pasti butuh tempat yang menjual makanan. Yang kedua yaitu usaha jual jus buah. Usaha ini juga bisa dilakukan di rumah. Apalagi, hampir semua orang suka akan jus buah. Selain murah, jus buah juga menyegarkan dan enak. Usaha ini bisa menghasilkan keuntungan setidaknya 50 ribu per hari. Dan usaha kuliner yang ketiga yaitu usaha kue. Saat ini acara-acara besar dari arisan mulainikahan, mereka biasanya menggunakan jasa catering. Roti adalah salah satu menu yang setidaknya hukumnya wajib.

5. Jasa cuci baju atau usaha laundry pakaian
Kampus dan kos-kosan merupakan wilayah atau daerah yang pas untuk memulai usaha laundry. Kenapa? Karena kebanyakan orang disini adalah orang yang sibuk dan minim tempat untuk mencuci baju.


Cara Memulai Bisnis Rumahan Yang Perlu Diketahui

Sebelum memulai usaha rumahan. Alangkah baiknya juga didiskusikan dengan keluarga. Hal ini tentu akan membuat ringan. Karena tidak ada perdebatan dalam satu keluarga. Selain itu kita juga harus mengerti bagaimana cara memulai usaha rumahan. Berikut tips-tipsnya.

Belajar administrasi
Kita walau bukan anak ips atau anak kuliahan prodi ekonomi, tapi kita juga butuh kemampuan untuk megatur administrasi. Karena pengelolaan keuangan adalah penting. Kita harus mencatat pengeluaran untuk belanja dan pemasukan dari usaha. Kita juga perlu mencatat statistik keuntungan.

Pikirkan mengembangkan usaha untuk ke depannya
Kita juga harus memikirkan kedepannya, kita harus berkembang jangan statis. Untuk dapat bersaing dengan wirausahawan lain. Karena merepka pasti punya inovasi yang bisa bersaing. Untuk tidak kalah kita juga harus mengikuti perkembangan.

Menjauhkapikiran takut gagal
Sebuah usaha pasti memiliki resiko kegagalan. Tidak hanya usaha, semuanya bisa mengalami resiko kegagalan. Dan sebenarnya kalau kita mau istikomah atau fokus pasti keberhasilan bisa tercapai.

Bisa karena sudah biasa
Ini adalah pepatah klasik yang termakan oleh usia. Ya karena memang benar. Bagaimana kita bisa melakukan ini itu kalau tidak pernah mau untuk belajar.

Memberikan pelayanan yang terbaik
Pelanggan adalah raja. Jadi kita harus melayaninya dengan baik. APabila mereka kepincut dengan pelayanan kita maka mereka biasanya akan datang lagi dan lagi.

Sekiranya itu saja. Semoga informasi ini bermanfaat untuk semuanya.

Artikel Terkait

Jenis Usaha Rumahan Dan Tips Sukses Serta Cara Memulai
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email