Minggu, 31 Januari 2016

Tips Sukses Dan Cara Membuka Usaha Bisnis Bakso

Bakso merupakan sebuah makanan yang berasal dari bahan utama daging. Daging tersebut dipadikan dengan tepung dan bumbu bakso, kemudian dibentuk bulat seperti bola. Daging yang digunakan biasanya yaitu ayam dan sapi. Namun, selain kedua jenis daging tersebut ada juga seperti ikan, atau udang bahkan daging kerbau. 

Bakso merupakan makanan yang paling populer di Indonesia. Jualan bakso biasanya juga dilengkapi dengan jualan mie ayam. Namun kali ini ita tidak akan berbicara mengenai bisnis mie ayam. Saking digemarinya makanan bakso ini, banyak usaha bisnis bakso yang berdiri. Usaha bakso juga beragam variasi dan inovasinya. Ada yang jualan bakso tenis. Bakso ini biasanya didalamnya ada telurnya. Ada bakso jumbo atau raksasa, bakso ini adalah jenis bakso yang berukuran besar. Dan jenis bakso dan variasinya masih banyak lagi.

usaha jualan bakso

Nampaknya masih banya orang yang menganggap remeh bisnis ini. Namun jangan sangka, jualan baksio ini cukup menguntungkan. Kita bisa memperkirakan kebutuhan modal dan pemasukan atau penghasilan. Kita akan mulai menghitungnya. 

Pertama, kita perkirakan jumlah bakso yang akan terjual, misalnya untuk awal usaha kita minimal memperoleh 40 pelanggan atau pembeli per harinya. Jika setiap porsi bakso aka menghasilkan keuntungan Rp3.000, keutungan dari minuman Rp1.500, keuntungan krupuk atau makanan kecil Rp500.

Perhitungan :
Bakso laku 40 porsi 3000x40 = Rp120.000
Minum laku 40 porsi 1500x40 = Rp60.000
Makanan ringan 30, 500x30 = 15.000
Jadi kalo dijumlahkan semuanya, maka keuntungan perhari yaitu bisa mencapai Rp195.000,00. Kalau dihitung per bulan yaitu Rp 5.850.000. 

Ini keuntungan pada awal memulai usaha. Namun pasti perhitungan ini tidak seratus persen akan sama pada kenyataanya. Lalu berapa kira-kira modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha julan bakso? Berikut perhitungannya.

Sewa kios satu tahun sekitar 12 juta.
Perlengkapan meja dan kursi sekitar 2 juta
Alat masak dan hidang sekitar 2 juta
Spanduk dan lain lain sekitar 1 juta
Bahan baku dan lain lain sekitar 1 juta

Total sekitar Rp 18 jutaan. Anda masih bisa menghemat modal ini kok. Hitung lagi, ini hanya sebagai gambaran luas saja. 

Cara Sukses Usaha Jualan Bakso Dengan Cepat

Kami juga akan berikan tips dalam berjualan bakso. Tips ini juga bisa diterapkan ke usaha Anda yang lainnya. 

Pilih lokasi tempat untuk jualan
Faktor pemilihan lokasi merupakan salah satu faktor yang penting. Pilihla tempat yang strategis untuk pasar penjualan Anda. Tempat yang ramai merupakan pilihan tempat yang pas. Namun biasanya tempat ini harga sewa atau harga jual lahan biasanya lebih tinggi. Berjualanlah di pinggir jalan utama untuk mudah dilihat dan dijangkau. 

Harga murah tapi nggak murahan rasa baksonya
Yang dimaksud murah bukan kita menjual bakso dengan harga yang serendah-rendahnya. Yang dimaksud murah disini, jangan ambil untung yang terpaut jauh dari harag bahan dasar pembuat baksonya. Yang penting baksonya bisa terjual. Namun perlu diingat, sebenarnya penikmat kuliner menilai dari rasanya bukan dari harganya. Jangan takut-takut memberikan patokan harga. Kita juga harus menyesuaikan dengan kondisi ekonomi sekitar. 

Promosi tidak perlu mahal, yang penting tepat sasaran 
Membuka sebuah usaha pasti membutuhkan sebuah promosi. Promosi yang paling mudah yaitu dengan rasa dari bakso tersebut. Apabila bakso yang kita buat itu enak, maka pembeli biasanya akan membicarakannya dengan teman, keluarga atau kerabat dekatnya. Kita juga bisa memasang baner atau plang. Harga baner bisa berkisar mual dari Rp 100.000,00.

Memberikan nama usaha bakso yang khas
Untuk saat ini, orang makin penasaran atau kepo. Berikanlah nama yang unik. Misalnya bakso setan, nama ini diberikan karena baksonya memang memiliki level kepedasan yang tinggi. Anda juga bisa mencari ide sekreatif mungkin agar pembeli penasaran dan berdatangan untuk bakso yang anda jual. 

Pelayanan ramah
Dalam berjualan, kita juga harus ramah, jangan cuek kepada pembeli. Pelayanan yang memuaskan akan membuat pembeli menjadi pelanggan setia. Pelayanan juga harus senyum untuk membuat pelanggan menjadi nyaman. 

Menjaga kebersihan tempat dan juga penyajian bakso
Kebersihan akan menjadi penting. Apalagi untuk urusan makanan. Ini tidakhanya untuk menarik minat pelanggan, namun ini juga bentuk keperdulian terhadap kesehatan pelanggan. Usaha tidak hanya mencari untung sendiri, justru apabila kita menyediakan keuntungan bagi prang lain, usaha kita akan lebih lancar. 

Artikel Terkait

Tips Sukses Dan Cara Membuka Usaha Bisnis Bakso
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email