Selasa, 02 Februari 2016

Peluang Usaha Jasa Laundry Kiloan : Buka Usaha Dengan Modal Kecil Dan Menguntungkan

Mencuci adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa mencuci kita tidak bisa memakai baju. Namun apa daya juka kita tidak memiliki waktu dalam mencuci baju. Ini adalah hal yang sering terjadi pada orang-orang perkotaan. Solusinya yaitu dengan mengandalkan jasa laundry kiloan. Namun jika anda mengambil penluang ini. Disaatorang malas mencuci, Andalah yang akan melayani mereka. Dalam usaha laundry kebersihan dan kerapian dari pakaian merupakan nomor satu.

Dengan meningkatnya orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mencuci, membuka usaha jasa laundry cukup menggiurkan. Usaha ini bisa berkembang pesat. Pengetahuan untuk membuka laundry juga akan menjadi penting. Tidak hanya itu, kita juga harus tau bagaimana usaha laundry akan bertahan.

Peluang Usaha Jasa Laundry Kiloan
Peluang Usaha Jasa Laundry Kiloan


Bagaimana cara memulai usaha laundry kiloan?

Yang dibutuhkan saat ingin memulai usaha laundry kiloan yaitu tidak terlalu besar. Modalnya sebenarnya hanyalah sebuah mesin cuci. Untuk awal cukup menyediakan satu buah unit mesin cuci. Namun jika nanti sudah cukup berkembang bisa menambah lagi unit mesin cuci.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuka usaha laundry kiloan?

Untuk mempersiapkan membuka usaha laundry kiloan agar bisa berjalan dengan baik, yaitu dengan mempunyai pengetahuan tentang jenis kain, jenis noda dll.

1. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengetahui cara mencuci yang baik dan benar. Selain itu, Anda juga harus mengetahui jenis kain dan cara mencuci jenis-jenis kain tersebut. Harus tahu juga cara mengeringkan pakain yang baik dan yang benar.
2. Jenis-jenis noda pada pakaian kita juga harus mengerti. Karena ini akan membuat pekerjaan menjadi mudah dan efektif. Resiko membersihkan noda tidak benar dapat merusak kain.

3. Yang ketiga yaitu gunakan peralatan yang sesuai. Ini maksudnya sesuaikan dengan besar usaha Anda. Bagi yang baru membuka usaha ini, sebaiknya menggunakan alat seadanya dulu. Yang paling penting yaitu pakaian bersih, rapi dan wangi.

4. Perkirakan dan hitung jumlah tenaga kerja yang Anda perlukan untuk memulai bisnis laundry kiloan ini. Menggunakan tenaga kerja yang efektif akan dapat membantu Anda dalam menghemat biaya operasional.

5. Terakhir, siapkan juga biaya untuk operasional untuk tiga bulan kedepan. Hitunglah biaya anggaran listrik, sewa tempat usaha, biaya untuk deterjen dan air.

Apa kesulitan dalam usaha bisnis laundry kiloan?
Anda pasti sudah mengerti kalau semua usaha pasti memiliki kesulitannya masing-masing. Bisnis laundry kiloan ini juga begitu. Berikut ulasannya.

1. Setiap usaha pasti ada kompetitornya, apalagi usaha laundry ini. Jadi yang perlu kita lakukan yaitu dengan meningkatkan dan menjaga kualitas pelayanan. Buat calon pelanggan menjadi puas dan kembali lagi ke usaha laundry kioan Anda ini.

2. Kecepatan dalam pengerjaan cucian baju juga penting. Kita harus bisa konsinste, aatau jika tidak maka pelanggan akan kecewa. Dan mungkin bisa tidak akan menggunakan jasa Anda. Jadi Anda juga harus pintar mengelola waktu pengerjaan dan penyelesaian penyucian baju.

3. Masyarakat yang sudah memiliki mesin cuci mungkin juga akan malas ke jasa laundry.


Bagaimana Strategi dalam menjalankan usaha laundry kiloan?

1. Memilih lokasi yang pas dan tepat
Tempat untuk menjalankan bisnis juga berpengaruh penting. Tentu ini akan lucu ketika kita membuka usaha jasa laundry di daerah pedesaan yang warganya masih suka mencuci dirumah. Tentu tidak demikian, kita harus memilih lokasi yang setidaknya orang-orang di daerah tersebut sudah banyak kos-kosan, karyawan yang sibuk dan tidak sempat mencuci sendiri.

2. Sesuaikan harga jasa laundry
Tiap daerah akan memiliki harga yang berbeda-beda. Kita tidak bisa menyamaratakan harga. Harga laundry yang pertama dipengaruhi untung rugi tidaknya kita menjalankan bisnis. Usahakan harga yang dipatok tidak merugikan Anda. Namun juga tidak terlalu mahal. Sesuaikan juga dengan kondisi masyarakat dan juga pesaing bisnis laundry Anda. Tentu pelayanan juga penting. Jangan cuma harga murah pelayanan tidak memuaskan.

3. Menyediakan pelayanan yang lebih
Peayanan yang lebih atau ekstra sangat dibutuhkan apalagi dengan pesaing yang tak terbilang sedikit. Setidaknya berilah fasilitas pilihan minyak wangi dan anti kusut. Dan seperti yang sudah disampaikan, soal waktu ketpatan pengerjaan juga penting. Tentu yang tepat waktu akan lebih disukai oleh pelanggan.

4. Kulitas juga perlu diperhatikan
Kualitas dari jasa juga perlu diperhatikan. Hasil cucian sebaiknya dijaga supaya tidak luntur. Hal ini penting supaya peanggan tidak protes dan kembali menggunakan jasa Anda.

5. Menggunakan tenaga kerja tambahan
Penambahan karyawan juga akan memudahkan usaha laundry. Tempatkan karyawan dengan tugasnya masing-masing. Catatan yang perlu diperhatikan, jika masih memulai usaha sebaiknya pekerjaan dilakukan sendiri saja.

Terimakasih Anda telah membaca : Peluang Usaha Jasa Laundry Kiloan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait

Peluang Usaha Jasa Laundry Kiloan : Buka Usaha Dengan Modal Kecil Dan Menguntungkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email